Peta Indonesia, Digambar Ulang Berdasarkan Populasi Penduduk per Propinsi

Peta ini menggambarkan keadaan geografis propinsi-propinsi di Indonesia apabila masing-masing propinsi digambar ulang berdasarkan populasi penduduk yang mendiaminya. Peta ini sengaja mendistorsi kondisi geografis yang sebenarnya agar dapat merepresentasikan populasi penduduk masing-masing propinsi.

Sebagai contoh Propinsi Papua yang merupakan propinsi terluas di Indonesia dengan luas daerah sebesar 309.934,40 km2 (16.67% luas daratan Indonesia) tapi hanya memiliki jumlah penduduk sebesar 2.833.381 jiwa (1.19% penduduk Indonesia). Pada peta geografi yang umum dipakai, ukuran Propinsi Papua akan terlihat besar, tetapi dalam peta ini karena penduduknya yang relatif sedikit sehingga ukurannya pun menjadi lebih kecil.

Pada peta ini secara tidak langsung kepadatan penduduk masing-masing propinsi adalah sama, dari Propinsi Nangroe Aceh Darussalam sampai Propinsi Papua. Semakin besar distorsi (dalam hal ini, distorsi: perbedaan ukuran propinsi antara peta ini dengan peta geografi umum) semakin besar pula ketimpangan kepadatan penduduknya.

Infografis Peta Indonesia jika diskala ulang berdasarkan populasi per propinsi

Infografis Peta Indonesia jika diskala ulang berdasarkan populasi per propinsi

Propinsi-propinsi di Pulau Jawa dapat dengan mudah ditebak merupakan propinsi-propinsi dengan jumlah penduduk yang relatif jauh lebih banyak dibandingkan dengan propinsi-propinsi di pulau lain. Oleh karena itu ukurannya pun merupakan yang paling besar.

Pulau Kalimantan dan Pulau Sulawesi ukurannya relatif lebih kecil dibandingkan dengan Pulau Jawa atau pun Pulau Sumatera karena jumlah penduduknya yang juga lebih sedikit. Propinsi yang paling mencolok distorsinya adalah Propinsi Kalimantan Selatan dan Propinsi Sulawesi Selatan, karena kedua propinsi tersebut lebih padat penduduknya dibandingkan dengan propinsi-propinsi tetangganya.

Pada peta ini Pulau Papua merupakan pulau yang paling kecil di antara pulau-pulau utama Indonesia, hal ini dikarenakan populasi penduduk Pulau Papua juga merupakan yang paling sedikit. Distorsi yang terlihat pun cukup besar karena kepadatan penduduk Propinsi Papua Barat dan Propinsi Papua adalah yang paling rendah dibandingkan dengan propinsi-propinsi lainnya. Kepadatan penduduk Pulau Papua sebesar 8 jiwa/km2, sedangkan rata-rata kepadatan penduduk Indonesia sebesar 128 jiwa/km2.

Transmigrasi

Program pemerataan kepadatan penduduk seperti program transmigrasi penduduk Pulau Jawa ke pulau-pulau lain (terutama Pulau Kalimantan dan Pulau Papua) tampaknya masih relevan dilakukan pada masa ini. Satu hal yang menjadi saran penulis adalah dalam mempersiapkan para transmigran tentunya tidak cukup dengan pembekalan keahlian saja, tetapi juga dengan pembekalan kebudayaan agar transfer pengetahuan antara para transmigran dengan penduduk lokal menjadi lebih optimal. Pembekalan kebudayaan tersebut juga diharapkan mampu mengurangi potensi konflik.

About jalakiren

Don't worry, the links I provided on my posts are always open in new window/tab.. I am not a graphic designer, so please forgive me if my info-graphics are a bit dull. I am a statistician, freshly-graduated.
This entry was posted in Statistical Info-graphic and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

1 Response to Peta Indonesia, Digambar Ulang Berdasarkan Populasi Penduduk per Propinsi

  1. Pingback: Map of Indonesia, Redrawn by Using each Provinces Population as Scale | jalakiren

Leave a comment